Oleh: rustantorahardi | Maret 2, 2009

BOLA BILLIARD (Edisi Revisi)

bilyard11APLIKASI PEMODELAN MATEMATIKA

PADA BILLIARD

Misalnya diberikan meja billiard dan dua bola di atasnya, di mana arah bola satu harus diarahkan dan memantul ke pinggir atau bibir meja billiard menuju bola kedua. Dalam menggunakan metode refleksi umum dapat dicari titik M yaitu titik bayangan dari posisi bola satu. Titik M berpindah seperti perpindahan titik T dengan titik T adalah titik pada batas meja. Maka dari itu titik M disebut sebagai kurva bayangan, yang bergantung pada posisi bola kesatu dan bentuk permukaan meja billiard.

Bekerja dengan Maple kita dapat menyelesaikan masalah invers kurva. Kita juga bisa menemukan bentuk umum dari kurva asli antara lingkaran dan garis sebagai fungsi terhadap suatu titik P.

RUMUSAN MASALAH

Adapun masalah yang dapat dibahas dalam makalah ini adalah :

  1. Bagaimana model dari M (kurva bayangan)?
  2. Bagaimana menentukan kurva asli (pattern) jika diberikan sebaran titik P (bola) dan kurva bayangan?
  3. Bagaimana menentukan kurva asli (pattern) jika bentuk kurva bayangannya adalah lingkaran (circle)?
  4. Bagaimana menentukan kurva asli (pattern) jika bentuk kurva bayangannya adalah garis (line)?

Responses

  1. bisakah saya minta versi full textnya??saya butuh untuk referensi…
    klo boleh..tlg kirim ke email saya milan_m31@yahoo.com..
    plis…saya butuh secepatnya
    trims

  2. bisa saya minta versi full ttg ‘aplikasi pemodelan matematika pada billiard’ ? klo boleh tlg kirim ke email saya handy_math05@yahoo.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: